Prof. Dr. Muhammad Amin Rasyid, M.A.

Identitas Diri

Nama lengkap:                     Prof. Dr. Muhammad Amin Rasyid, M.A.
Tempat /tanggal lahir:      Gilireng (Sengkang) 7 Juni 1955.
NIP                                        19550607 1979031 002
NPWP:                                  05.360.813.9-807.000
KTP:                                      730607 070655 0001
NIDN:                                  0007065501
Pekerjaan:                           Dosen FBS Universitas  Negeri Makassar
Jabatan:                               Profesor
Pangkat/Golongan:           Pembina Utama /IVe
Agama:                                 Islam
Alamat Rumah:                  Jalan Benteng Ana Gowa,
Handphone                         08164386513
E-mail                                  muhammadaminrasyid_unm@yahoo.com

Pendidikan

  1. Sarjana Pendidikan ( Doktorandus – Drs.) Jurusan Bahasa Inggris pada FKSS-IKIP Ujung Pandang, tahun 1979.
  2. Diploma in Teaching English as a Second Language (Dipl.TESL) pada English Language Institute (ELI), Victoria University of Wellington, New Zealand, tahun 1981.
  3. Diploma Akta V, Januari 1988.
  4. Strata Dua (S2), Master of Arts in English Language Studies (ELS), Sandwich Programme Universitas Hasanuddin dengan University of Manchester, England, United Kingdom, tahun1988.
  5. Strata Tiga (S3) , Sandwich Programme UNHAS-RELC Singapore untuk bidang keahlian ELS, tahun 1992.

Kursus Latihan yang pernah diikuti

  1. Summer Course for module writing, Manchester, England, UK. Juni – September 1992.
  2. Pelatihan Editor , 1994
  3. Training of Trainer Sertifikasi Dosen, Jakarta 2007
  4. Pelatihan Sistem Penjaminan Mutu Internal (SPMI)-PT & Audit Mutu Akademik Internal (AMAI), 5-9 Juli 2010

Pengalaman Kerja

  1. Asisten dosen pada FKSS IKIP Ujung Pandang dari tahun 1978-1984.
  2. Pelaksana Tugas Kepala Laboratorium Bahasa IKIP Ujung Pandang, 1982
  3. Kepala Perpustakaan FPBS IKIP Ujung Pandang, 1983-1997
  4. Dosen pada FPBS IKIP Ujung Pandang (FBS UNM) dari 1984- sekarang
  5. Kepala Badan Penerbit IKIP Ujung Pandang 1992-1994
  6. Pemimpin Redaksi Jurnal Pendidikan dan Keguruan IKIP Ujung Pandang 1993- 1999
  7. Kepala Perpustakaan A.P. Petta Rani IKIP Ujung Pandang 1994-1999
  8. Pemimpin Redaksi Jurnal Jaringan , 1995- 1999
  9. Dekan FBS UNM 1999- 2003
  10. Dekan FBS UNM 2003 – Maret 2007
  11. Ketua I Panitia Sertifikasi Dosen UNM 2007-2009
  12. Ketua Pelaksana Panitia Sertifikasi Dosen UNM 2010- sekarang
  13. Ketua Majelis Guru Besar/Profesor UNM 2009 – sekarang
  14. Ketua Komisi IV Senat UNM 2009 – 2016
  15. Ketua Gugus Penjaminan Mutu Prodi Bahasa Inggris 2009- 2010
  16. Ketua Penjaminan Mutu FBS UNM 2011-sekarang
  17. Ketua Komisi Senat Bidang Administrasi dan Keuangan (Komisi II) FBS UNM 2011–2015
  18. Anggota Badan Pekerja Senat Universitas Negeri Makassar tahun 2011
  19. Penanggungjawab Panitia Implementasi Acuan Normatif Calon Guru Besar UNM tahun 2010.
  20. Penanggungjawab Panitia Implementasi Acuan Normatif Calon Guru Besar UNM tahun 2011-sekarang

Pengalaman Kerja Lain yang Berkaitan dengan Pendidikan

  1. Ketua BP3 SDN Panakkukang 2 Makassar, 1990-1997
  2. Ketua Badan Pengawas BP3 SMPN 23 Makassar, 1993-1994
  3. Ketua BP3 SMAN 5 Makassar 1995-2000
  4. Ketua BP3 SMAN 9 Makassar 1997-2000
  5. Pembina TPA/Taman Kanak-Kanak Yamal Haq, Makassar, 2000-2009
  6. Ketua Komite Sekolah SMAN 9 Makassar 2001- sekarang
  7. Wakil Ketua Bidang Ketenagaan Dewan Pendidikan Provinsi Sulawesi Selatan, 2006-2009
  8. Anggota Dewan Pendidikan Provinsi Sulawesi Selatan 2009-2013
  9. Anggota Dewan Pendidikan Provinsi Sulawesi SElatan 2013-sekarang
  10. Ketua Pokja Perpustakaan BSNP, 2007
  11. Anggota Tim Penilai Instrumen Penulisan Buku Ajar Bahasa Inggris Tingkat SMP/MTs, 2007
  12. Ketua Penyusun Buku Panduan Karya Ilmiah Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris FBS UNM, 2015-2016
  13. Ketua Panitia Penjaringan, Penyaringan, dan Pemilihan Rektor Periode 2016-2020

Skripsi, Tesis dan Disertasi

  1. Teaching Comprehension at Senior High School (Skripsi Sarjana Muda untuk memeroleh gelar Bachelor of Arts – B.A., dibimbing oleh Prof. Drs. Dikwan Eisenring, 1977)
  2. The Correlation Between English Proficiency and Attitudes toward Native English Speakers and their Culture : A case study of the English third year students of the FKSS- IKIP Ujung Pandang (Skripsi Sarjana Lengkap untuk memeroleh gelar Doktorandus – Drs.,  dibimbing oleh Dra. St. Indiyah Imran dan Drs. Said Mursalim, 1979)
  3. The Teaching of Speaking to the Third Semester Students of English at IKIP Ujung Pandang, (Tesis untuk memeroleh gelar Master of Arts – M.A., dan Magister Science – M.S. melalui Sandwich Programme Universitas Hasanuddin dengan University of Manchester, England, United  Kingdom, dibimbing oleh Peter Wingard – University of Manchester, dan   Dr. Husen Abas – UNHAS , tahun1988)
  4. Developing Communicative Competence through Topics of Interest and Learning Styles Using the Integrated Skills Approach (Disertasi untuk memeroleh gelar Doktor –Dr – dalam Kajian Pengajaran Bahasa Inggris – English Language Studies – ELS-, dibimbing oleh.Promotor: Prof. Dr. Husen Abas, M.A.- Copromotors, Prof. Dr. R. Soewondo Atmodarsono, M.A., Prof. Paturungi Parawansa, Prof. Dr. M.F. Baradja, M.A., Prof. Dr. Sjahruddin Kaseng, 1992)

Karya Ilmiah (Penelitian, Pengabdian pada Masyarakat, Artikel Ilmiah, dan Makalah, dari  tahun 1991 – sekarang)

  • Penelitian
  1. Pengembangan Kompetensi Komunikatif berdasarkan Perbedaan Individu melalui Pendekatan Keterampilan Terpadu. 1992 (Ketua)
  2. Developing Communicative Competence through Topics of Interest and Learning Styles Using the Integrated Skills Approach (Dissertation, 1992)
  3. Hubungan antara Bahasa Pengajaran dalam Bahasa Inggris dengan Kemampuan Riseptif Bahasa Inggris Mahasiswa Semester II Jurusan Pendidikan Bahasa Inggris FPBS IKIP Ujung Pandang. 1993 (Ketua)
  4. Bentuk Pedagogik-Sosial Bahasa Pengajaran Bahasa Inggris yang Digunakan Dosen Jurusan Pendidikan Bahasa Inggris FPBS IKIP Ujung Pandang dalam Interaksi Kelas. 1994 (Ketua)
  5. Sikap, Persepsi dan Ekspektasi Mahasiswa terhadap Profil Dosen FPBS IKIP Ujung Pandang.1994 (Anggota)
  6. Assessing Speaking Skills through Interviews. 1995 (Ketua)
  7. Kesejajaran dan Subordinasi Penguasaan Tatabahasa Inggris terhadap Tatabahasa Indonesia. 1996 (Ketua).
  8. Meningkatkan Minat Baca dan Menulis Bahasa Inggris melalui Penggunaan Internet bagi Mahasiswa Jurusan Bahasa Inggris FBS UNM 2000 (Ketua)
  9. Peningkatan Daya Ingat Jangka Panjang melalui Tugas Ringkasan Perkuliahan Per Sesi, 2002 (Ketua).
  10. Implementasi Kebijakan Pengarustamaan Gender, 2010 (Anggota)
  11. Bahasa Pengelolaan Kelas Bahasa Inggris Berbasis Tahapan Kegiatan Kelas, 2011 (Ketua)
  12. Kajian Penyelenggaraan Ujian Nasional terhadap Motivasi Belajar Peserta Didik di Sulawesi Selatan, Tahun 2014 (Ketua).
  13. Aplikasi Spider Web dalam Mengembangkan Kosakata Siswa Kelas 7 MTsN Pangkep, 2014 (Ketua)
  14. Pengembangan Model Komunikasi Berbasis Harmoni Sosial antar Mahasiswa pada Perkuliahan Interpersonal Communication, Tahap I 2015 (Ketua)
  15. Pengembangan Model Komunikasi Berbasis Harmoni Sosial antar Mahasiswa pada Perkuliahan Interpersonal Communication, Tahap II 2016 (Ketua)
  16. Posisi Postur Tubuh Dosen dalam Interaksi Belajar Mengajar: Persepktif Komunikasi Interpersonal Nonverbal. Tahun 2016 (Anggota).
  17. Pengembangan Model Komunikasi Berbasis Harmoni Sosial antar Mahasiswa pada Perkuliahan Interpersonal Communication, Tahap III 2017 (Ketua)
  • Pengabdian pada Masyarakat
  1. Assessing Speaking as a Skill through Interviews, Guru Bahasa Inggris SMP se-kota Makassar, 2001.
  2. Pelatihan Penulisan Karya Ilmiah Guru SMA 9 Makassar, 2002
  3. Pelatihan Penyusunan Kurikulum Bidang Studi Bahasa Inggris SMP se-kota Makassar, 2002.
  4. Pelatihan Pengelolaan Perpustakaan Sekolah Menengah Tingkat Provinsi Sulawesi Selatan, 2005.
  5. Pelatihan Langkah-langkah Penelitian Pendidikan Bahasa bagi Guru-Guru Bahasa Inggris Kota Tarakan Kalimantan Timur, Tahun 2007, Sumber Dana Rutin Universitas Negeri Makassar (Ketua).
  6. IbM Penulisan Abstrak Bahasa Inggris Tahun 2013, Sumber Dana PMBP UNM (Ketua)
  • Artikel Ilmiah
  1. Integrated Skills Approach:Its Implementation in English Language Teaching (PINISI,Vol.1.No.1. Februari 1991).
  2. Pengajaran Bahasa Inggris di SD:Kebutuhan atau Keinginan? (Jurnal Pendidikan dan Keguruan IKIP Ujung Pandang, Vol.1. No.1. April 1993)
  3. The EFL Textbooks: Their Functions and Principles of Selection (Jurnal Pendidikan dan Keguruan IKIP Ujung Pandang, Vol.1. No.3.September 1993)
  4. Pengembangan Kompetensi Komunikatif Bahasa Asing melalui Pola Interaksi Kelas yang Bervariasi (PINISI, Vol. 01. No.05. Desember 1993)
  5. Matching and Mismatching Learning Styles with Learning Input Presentation Using Topics of Interest and the Integrated Skills Approach to develop Students’ Communicative Competence (Selected Articles from 41st TEFLIN Seminar di Padang, 1994)
  6. Karya Tulis Ilmiah Ditinjau dari Aspek Penyuntingan (Jurnal Pendidikan dan Keguruan IKIP Ujung Pandang, Vol.2. No.1. 1994)
  7. A mother as the First Language Teacher to Her Children (Bunga Wellu, Vol.1.Juni 1994)
  8. The Influence of Arabic in Indonesian and Malay Society (Jurnal Pendidikan dan Keguruan IKIP Ujung Pandang, Vol.2. No.2 Juli 1994)
  9. Linguistik menurut Tinjauan Filsafat (Jurnal Pendidikan dan Keguruan IKIP Ujung Pandang, Vol.2.No.3. Oktober4 1994).
  10. Simulasi, Main Peran, Diskusi dalam Pengajaran Berbicara Bahasa Inggris (Jurnal Pendidikan dan Keguruan IKIP Ujung Pandang, Vol.2. No.4. Desember 1994)
  11. Vocabulary-Based Integrated Activities (Alumni, Vol.3.No.3. Desember 1994)
  12. Bahasa sebagai Fenomena Sosial Dinamis-Terbuka (PINISI, Vol.02.No.03. Februari 1995)
  13. Short and Long Term Memory of the Students of English at IKIP Ujung Pandang (Jurnal Pendidikan dan Keguruan IKIP Ujung Pandang, Vol.3. No.1 April 1995).
  14. Lecturer Personality as One of the Intrinsic Motivating Factors in Classroom Learning (Jurnal Pendidikan dan Keguruan IKIP Ujung Pandang, Vol. 3.No.2. Juli 1995)
  15. Pentingnya Identifikasi Gaya Belajar Siswa dalam Proses Belajar-Mengajar (PINISI, Vol.02.No.04 Juli 1995)
  16. Efisiensi, Fleksibilitas, dan Kiat Membaca Aktif (Jurnal Pendidikan dan Keguruan IKIP Ujung Pandang, Vol.3. No.3 September 1995)
  17. Guru sebagai Perancang dan Pengembang Strategi Belajar-Mengajar di Kelas (Jurnal Pendidikan dan Keguruan IKIP Ujung Pandang, Vol. 3. No.4 Desember 1995)
  18. Menanamkan Budaya Gemar Membaca melalui Program Pengajaran Membaca yang mantap di Sekolah ( JARINGAN, Vol.1. No.1. Desember 1995)
  19. Mencemati Pendekatan dan Konsep Proses Membaca dalam Pengajaran Membaca (JARINGAN, Vol.1.No.2. Januari 1996).
  20. Peranan Perpustakaan dalam Meningkatkan SDM (JARINGAN , Vol.2.No.2. Juni 1997).
  21. Pengubahsesuaian Kurikulum Menyambut Undang-Undang No.22 dan 25 Tahun 1999 tentang Otonomi Daerah (Edukasi 2000)
  22. Errors Produced by Students in Spoken English, Buletin Penelitian Seri: Sosial Budaya dan Humaniora Mei 2006,Vol 1 edisi khusus akreditasi SK no.55/DIKTI/Kep/2005 UNHAS
  23. Developing Students’ Speaking Accuracy through Imaginative Task-Based Simulation Prompted by Guided Questions, Performance, Journal of English Education and Literature, Vol 04 No. 02 Agustus 2006
  24. Pengajaran Bahasa Asing, Pengembangan Bahasa nasional, dan Pemertahanan Bahasa Daerah dalam TEACHING AND LEARNING LANGUAGES IN COMTEMPORARY SOCIETY : Proceeding of International Conference of Language Education (ICOLE), 2009.
  25. Menyinergikan Pengajaran bahasa Asing, Pengembangan Bahasa Nasional, dan Pemertahanan Bahasa Daerah disajikan pada Kongres Internasional bahasa-bahasa Daerah Sulawesi tenggara, 18-20 Juli 2010.
  26. Pengajaran Bahasa Inggris sebagai Bahasa Asing di Indonesia dalam Pelangi Bahasa, 2012.
  27. EFL Teacher as Manager: a Classroom Management Scheme: Proceeding Research and Language Teaching, February 2013.
  28. Verbal and non-verbal Immediacy in EFL Classroom: Proceeding of International Conference of Language Education (ICOLE), December 2013
  29. The Implementation of Multimedia Learning Materials in Teaching English Speaking Skills (co-writer) diterbitkan dalam International Journal of English Language Education, Vol. 1, No 3 pp.293-304 (2013). Macrothink Institute ISSN 2325-0887.
  30. The students’ Needs in Developing Learning Materials for Speaking Skills in Indonesia (co-writer) diterbitkan dalam International Journal of English Language Education, Vol. 4, No 17 171-178 (2013). Macrothink Institute ISSN 2222 1735.
  31. Multiple Intelligence Profiles of Junior Secondary  School Students in Indonesia (cowriter) diterbitkan dalamInternational Education Studies  7 No.11 2014 diterbitkan oleh Canadian Center  of Science and Education.
  32. Rasyid, Muhammad Amin. (2015) ‘Interpersonal communication that inspires in EFL teaching’ in ELT WORLDWIDE. Vol.2 No.2. July 2015.
  • Makalah/Paper
  1. Choosing and Evaluating Textbooks: Putting Theory into Practice (Manchester, England, 1992)
  2. Classroom Studies (Manchester, England, 1992)
  3. Teaching Structure Communicatively (Maret 1993)
  4. Mengoptimalkan Pemanfaatan Laboratorium Bahasa dalam Belajar dan Mengajar Bahasa Asing (Juni 1993)
  5. Some Practical Uses of Overhead Projector in ELT (Mei 1994)
  6. L1 and L2 Acquisition with Special reference to Buginese and English (Oktober 1994)
  7. Selayang Pandang tentang Perpustakaan Perguruan Tinggi (April 1995)
  8. Menjitukan Penerapan Strategi Belajar Mengajar di kelas (Mei 1995)
  9. Starting the ELT Activities with Speaking (Mei 1995)
  10. Menyiasati Makna dalam Menerjemah (Juni 1995)
  11. Lingkungan Keluarga sebagai Basis Persemaian Disiplin dalam Mempersiapkan Generasi yang Berdisiplin Tinggi (Juli 1995)
  12. Current Issues on Teaching English as a Foreign Language in Indonesia (Juli 1995)
  13. Teacher Roles in ELT Classroom (September 1995)
  14. Relevansi Sistem Pengajaran Bahasa Inggris dengan Kebutuhan Masyarakat (Desember 1995)
  15. Perpustakaan dan Pesonanya terhadap Minat Baca Penggunanya (Desember 1995)
  16. Penghayatan Bahasa Doa sebagai Wadah Pendidikan Watak Religius (Maret 1996)
  17. Principles and Practicalities of the 1994 Primary and Secondary School Curriculum for English as a Foreign Language (April 1996)
  18. Paradigma Pengajaran Bahasa Inggris Menyongsong Abad XXI (Oktober 1996)
  19. Penentuan Populasi dan Sampel (Oktober 1996)
  20. Penerapan Pendekatan Keterampilan Terpadu dalam Pengajaran Bahasa Inggris di Sekolah Lanjutan (November 1996)
  21. Teknik Penulisan Artikel Hasil Penelitian dan Gagasan Ilmiah (Juli 1997)
  22. Teknik Penulisan Abstrak (Juli 1997)
  23. Kiat Mendinamiskan Pustakawan dalam Mengemban Tugasnya (Agustus 1997)
  24. Prinsip Belajar-Mengajar Bahasa Inggris yang Efektif (Desember 1997)
  25. The Prototype of EFL Classroom (Makassar,1999)
  26. Real Challenges Faced by Teachers of English in the Globalization Era: with special reference to their ability (to vary classroom interaction (1999)
  27. Peluang Dan Tantangan Dunia Pendidikan pada Era Globalisasi ( Enrekang,1999)
  28. Penepatan Waktu Penyelesaian Studi mahasiswa Jurusan Bahasa Inggris (Makassar, Agustus 2000)
  29. Pengubahsesuaian Pola Pikir, Cara Pandang, Manajemen, dan Orientasi: Sebuah sumbangan pemikiran dalam rangka peningkatan Kinerja FBS pascakonversi menuju otonomi perguruan tinggi ( Sawangan, Juli, 2000)
  30. Pengubahsesuaian Kurikulum Pendidikan dan Penggalian Potensi Daerah sebagai Implementasi Otonomi Daerah di Bidang Pendidikan (Watangsoppeng, 2001)
  31. Tehnik Ilustrasi Artikel Ilmiah (2001)
  32. Metodologi Pengajaran Bahasa Inggris untuk Tingkat Pemula, Menengah, dan Mahir (Watampone, Maret 2001)
  33. Theories and Principles of Selecting EFL Materials (2002)
  34. Current Issues on English Language Teaching at Secondary Schools (2002)
  35. Metodologi Pengajaran Bahasa Inggris untuk Tingkat Pemula, Menengah, dan Mahir (Palopo 2002)
  36. Perspektif Kepemimpinan dalam Mengemban Visi Universitas Negeri Makassar (2003)
  37. Pengubasesuaian pola pikir, cara pandang, manajemen, dan orientasi: sebuah sumbangan pemikiran dalam strategi pengembangan pendidikan berwawasan global (2004)
  38. Keterpaduan Imtak-Iptek dalam Proses Pembelajaran Bahasa Inggris pada Madrasah Aliyah (13 Mei 2005)
  39. Manajemen Kelas, Pengembangan Metode dan Media Pembelajaran (23 Juni 2005)
  40. Reorientasi Tujuan dan Metode Pembelajaran Bahasa Asing (sebuah gagasan dan pengalaman), UIN 25 Desember 2005.
  41. Giving more insights into the perennial factors of English language teaching in Indonesia , Seminar dan workshop Teaching English to Speakers of Other Languages (TESOL) yang dilaksanakan oleh Balai Bahasa Universitas Borneo Tarakan dan Fakultas Bahasa dan Seni Universitas Negeri Makassar. tanggal 13 November 2006
  42. Using the appropriate types of questions to foster students’ active involvement in classroom tasks, Seminar dan workshop Teaching English to Speakers of Other Languages (TESOL) yang dilaksanakan oleh Balai Bahasa Universitas Borneo Tarakan dan Fakultas  Bahasa dan Seni Universitas Negeri Makassar tanggal 15 November 2006
  43. English Language Teaching (ELT)) Methodology: a scheme, Seminar dan workshop Teaching English to Speakers of Other Languages (TESOL) yang dilaksanakan oleh Balai Bahasa Universitas Borneo Tarakan dan Fakultas  Bahasa dan Seni Universitas Negeri Makassar tanggal 17 November 2006
  44. Teaching English as a Foreign Language in Indonesia (TEFLIN), Seminar dan workshop Teaching English to Speakers of Other   Languages (TESOL) yang dilaksanakan oleh Balai Bahasa Universitas Borneo Tarakan dan Fakultas  Bahasa dan Seni Universitas Negeri Makassar tanggal 18 November 2006
  45. Paradigma Pendidikan Dalam Konteks Nasional : Peranan Pembaharuan Pendidikan dalam Memacu dan Meningkatkan Kualitas Sumber Daya Manusia pada Era Otonomi Daerah. Disajikan pada Seminar Pendidikan yang dilaksanakan oleh Himpunan Pelajar Mahasiswa Wajo (HIPERMAWA) Koperti UNM dan Komisariat Sajoanging Sengkang  12 Februari 2007
  46. Managing EFL Teacher Sense Of Curiosity To Foster Their Professional Development: A Path For The Future? International Conference on Bilingual education conducted at the State University of Makassar in Collaboration with Victoria University of Australia on 18 Februari 2007
  47. Fostering Cooperative Learning through Vocabulary-Based Integrated Activities, presented at one-day workshop conducted by The Makassar English Resource Centre at UIN Makassar, tanggal 21 April 2007
  48. Penelitian Kualitatif dalam Bahasa dan sastra. Disajikan pada Seminar Pembinaan Metode Penelitian Kebahasaan dan Kesasteraan yang dilaksanakan oleh Kantor Bahasa Provinsi Sulawesi Tenggara,Kendari tanggal 24-25 Juni 2011
  49. Survei Awal Pelaksanaan Sertifikasi Bagi Guru dalam Jabatan Rayon 24 Universitas Negeri Makassar, Makassar 2 November 2010
  50. Kelas Tuntas Berkelanjutan: Program Aksi Pendidikan di Kabupaten Gowa, Makassar 29 September 2012.
  51. EFL Teacher as Manager: A classroom management Scheme. Presented at the International Seminar on Research and Language Teaching jointly conducted by Roehampton University U.K. and State University of Makassar Tuesday 19 February 2013.
  52. Classroom Management Talk: From Theory to Practice, presented at 61th TEFLIN International Conference, Solo 7-9 Oktober 2014.
  53. Phonological Competence of Non-regular teachers in Indonesian Islamic EFL Classroom, presented at The 2014 International Conference on Applied Linguistics and Language Education (ICALLE 2014) De La Salle University, Manila, The Philippines October 16-18 2014.
  54. Panduan Penulisan Proposal Penelitian Bahasa, disajikan pada seminar yang diadakan oleh Politeknik Ilmu Pelayaran, 9 Juni 2015
  55. Panduan Penulisan Silabus MataKuliah Pendidikan Bahasa Inggris, disajikan pada Workshop Penulisan Sylabus yang diselenggarakan oleh Jurusan Bahasa Inggris, FBS UNM 8 Juli 2015.
  56. Students’ Perception on Social Harmony Based Communication in English as a Foreign Language at The Indonesian University Context. Disajikan pada International ASIA TEFL Conference Site Center Skills, Clark Piliphine 20 Agustus 2015
  57. Managing the Learning Mood and Readiness of Students of English through Interpersonal Communication. Presented at TESOL Indonesia Conference, Universitas Mataram, Lombok, Thursday 11 August 2016.
  58. Layered Syllabuses: A Theoretical Perspective on Teaching Integrated Language Skills (ILS) to English Education Freshmen. Presented at International Conference 55th Anniversary of Universitas Negeri Makassar August 20, 2016
  59. Persepsi Mahasiswa terhadap Peran menejerial dosen: Implementasi Komunikasi Intra-dan Interpersonal dalam interaksi Kelas Bahasa Inggris. Diisajikan pada Seminar Nasional Pendidikan dalam rangka Dies Natalis ke-55 Universitas Negeri Makassar, Menara Pinisi UNM 21 Agustus
  60. Rencana Pembelajaran Semester: Sebuah Tinjauan Progmatis> Disajikan di Workshop Politeknik Pelayaran Makassar. 29 Oktober 2016.
  61. Panduan Penulisan Skripsi: Disajikan di Workshop Politeknik Pelayaran Makassar. 29 Oktober 2016.
  • Buku
  1. Build up Your Word Power, ISBN 979-8416-12-0 (Januari 1995)
  2. Seluk-Beluk Kata Kerja Bahasa Inggris, ISBN 979-8416-16-3 (Maret, 1995)
  3. Let Us Speak English, ISBN 979-8416-18-x (Agustus,1995)
  4. Points of Discussion, ISBN 979-8416-19-8 (September, 1995)
  5. Dialogues: From Models to Practice, ISBN979-8416-17-1 (Oktober,1995)
  6. Seluk-Beluk Kata Benda Bahasa Inggris, ISBN 979-8416-30-9 (1998)
  7. English & Joy, ISBN 979-8416-14-7 (April, 1995)
  8. English for Beginners, 2000.
  9. A Better Way of Mastering English Nouns (December, 2009).
  10. A Better Way of Mastering English Verbs (December, 2013).
  11. Interpersonal Communication: A Social Harmony Approach. 2016.
  12. Panduan Penulisan Skripsi, Januari 2017

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *