Dr. Maemuna Muhayyang, M.Pd.

Identitas Diri

1.1 Nama Lengkap (dengan gelar) Dr. Maemuna Muhayyang, M.Pd.
1.2 Jabatan Fungsional Lektor Kepala
1.3 NIP/NIK/No. Identitas lainnya 197407052005012003
1.4 Tempat dan tanggal lahir Ma’rang, 5 Juli 1974
1.5 Alamat Rumah Desa Borong Bulo, Kel. Bontoala Kec. Pallangga Gowa Sulawesi Selatan
1.6 Nomor Telepon/Faks 0411-8219312
1.7 Nomor HP 08164386513
1.8 Alamat Kantor Jl. Daeng Tata Raya, Kampus FBS UNM Parangtambung, Makassar
1.9 Nomor Telepon/Faks 0411-888840
1.10 Alamat e-mail maemarasyid@yahoo.co.id
1.11 Lulusan yang telah dihasilkan S-1: 500 orang S-2: 15 orang S-3: 0 orang
1.12    Mata Kuliah yg diampu 1. Introduction to Educational Research
2. Pronunciation Practice
3. Second Language Acquisition
4. Seminar in English Language Teaching
5. Method of TEFL for Young Learners
6. Literature in Language Teaching
7. Sociolinguistics
8. Applied Linguistics
9. Interpresonal Communication
10. Phonology
11. Cross Culture Understanding

Pendidikan

2.1 Program S-1 S-2 S-3
2.2 Nama PT Universitas Negeri Makassar UNM Unhas
2.3 Bidang Ilmu Pendidikan Bahasa Inggris Educational Theory and Practice Communication, Culture and Languages
2.4 Tahun Masuk           1993 2001 2005
2.5 Tahun Keluar           1997 2003 2010
2.6 Judul Skripsi/Tesis/Disertasi The Use of Code Switching as Language Instruction Developing Students Speaking Performance Using Simulation Based Guided Questions Lecture Talk in EFL Classroom Interaction: Classroom Management Scheme
2.7 Nama Pembimbing/Promotor 1. Dr. Mansur Akil, M.Pd.

2. Drs. Abdullah, M.Hum.

1. Prof. Dr. Muhammad Amin Rasyid, M.A.

2. Prof. Baso Jabu, M.Hum.

1. Prof. M. Basri Wello, M.A.

2. Dra. Nasmila, M.A., Ph.D.

Pengalaman Penelitian 

No. Tahun Judul Penelitian                Pendanaan
Sumber Jml (Juta Rp)
1. 2010 Bahasa Dosen dalam Interaksi kelas Bahasa Inggris HIBAH Doktor  

50.000.000,-

 

2.

 

2009

Kajian Pengelolaan Bahasa Kelas Dosen dalam Proses Pembelajaran Bahasa Inggris  

IMHERE

 

30.000.000,-

3. 2007 Meningkatkan Ketrampilan Pemahaman Membaca Teks Berbahasa Inggris dengan Sistem Survey, Question, Read and Review (SQ3R) bagi Mahasiswa Jurusan Bahasa Inggris STKIP YPUP Makassar DIKTI (Dosen Muda) 10.000.000,-

 

 

 

 

 

4. 2009 Implementasi Jenis Pengelompokan dan Pemberian TugasBerbasis Managemen Kelas kepada Mahasiswa Bahasa Inggris Fakultas Bahasa dan Sastra Universitas NegeriMakassar DIPA UNM 10.000.000,-
5. 2007 Survey on Students’ Expectation to the Lecturer Talk Mandiri 5.000.000,-
6. 2008 Peningkatan Percakapan Bahasa Inggris Melalui Strategi Pemberian Topik Langsung PNBP 7.500.000,-
7. 2009 Identifikasi Gaya Belajar Mahasiswa Bahasa Inggris Jurusan Pendidikan Bahasa Inggris FBS UNM PNBP 7.500.000,-
8. 2011 Implementasi Enam Fase Kesuksesan dalam Penguasaan Kosakata Bahasa Inggris Siswa MTsN Ma’rang Pangkep PNBP 7.500.000,-
9. 2013 Profil Kompetensi Fonologi Guru Bahasa Inggris MAN Pangkep PNBP 7.500.000,-
10 2015 Pengaruh Kontak Mata Dosen Terhadap Motivasi Belajar Mahasiswa Pendidikan Bahasa Inggris, Fakultas Bahasa Dan Sastra, Universitas Negeri Makassar

 

PNBP 7.500.000,-
11 2015 Pengembangan Model Komunikasi Berbasis Harmoni Sosial Antar Mahasiswa Pada Perkuliahan Interpersonal Communication (Tahun I) Dikti (Hibah Pascasarjana) 100.000.000,-
12. 2015 Pengembangan Model Komunikasi Berbasis Harmoni Sosial Antar Mahasiswa Pada Perkuliahan Interpersonal Communication (Tahun I) Dikti (Hibah Pascasarjana) 125.000.000,-
13 2016 Pengembangan Bahan Ajar Matakuliah Phonology Berbasis Hyrib e-Learning (Tahun 1) Dikti (Hibah Bersaing) 50.000.000
13 2016 Posisi Postur Tubuh Dosen Yang Menstimulasi Minat Dan Motivasi Belajar Mahasiswa: Perspektif Komunikasi Interpersonal Nonverbal

 

PNBP 10.000.000,-

Tuliskan sumber pendanaan: PDM, SKW, Fundamental Riset, Hibah Bersaing, Hibah Pekerti, Hibah Pascasarjana, RAPID, atau sumber lainnya.

Pengalaman Pengabdian Kepada Masyarakat

No. Tahun Judul Pengabdian Kepada Masyarakat                   Pendanaan
Sumber Jml (Juta Rp)
1. 2005 Penyuluhan Keterampilan Membaca Buku Teks Bahasa Inggris dengan   Sistem Survey, Question, Read, dan Review bagi Mahasiswa Semester 1 Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris FBS UNM PNBP 3.500.000,-
2. 2006 Penyuluhan tentang Langkah-Langkah Penelitian      Pendidikan Bahasa kepada Guru Bahasa Inggris Tingkat SD, SMP, dan SMA di Kota Tarakan, Kalimantan Timur PNBP 3.500.000,-
3. 2007 Pelatihan Penggunaan Metode Pengajaran Kosakata Bahasa Inggris Berbasis Tujuh Fase Tugas Integratif  kepada Guru-Guru Bahasa Inggris MAN Pangkep PNBP 3.500.000,-
4. 2007 Pelatihan Intensif TOEFL (Structure and Written Expression) bagi Guru Bidang Studi Bahasa Inggris SMP 1 Palleko, Takalar PNBP 3.500.000,-
5. 2009 Pengenalan Bahasa Inggris Dasar bagi Anak-anak Usia Sekolah Dasar Golongan ELIT di Desa Borong Bulo, Sungguminasa Gowa PNBP 3.500.000,-
6. 2011 Ibm MGMP Bahasa Inggris Rayon 3 Kec. Bajeng, Gowa PNBP 3.500.000,-
7. 2012 IbM Metode Penelitian Tindakan Kelas bagi Mahasiswa P2K PGSD Unismuh Makassar PNBP 3.500.000,-
8. 2014 IbM Pengucapan Bunyi Fonem Bahasa Inggris

 

PNBP 7.000.000,-
9 2015 IbM Penulisan Telaah Kritis PNBP 10.000.000,-
10 2016    

Pengalaman Penulisan Artikel Ilmiah dalam Jurnal

1. 2006 Developing Students Speaking Accuracy through Imaginative Task based Simulation Prompted by Guided Questions Performance: Journal of English Education and Literature Badan Penerbit UNM; Bahasa Inggris FBS, UNM
2. 2007 Teacher Talk in Classroom Interaction Performance: Journal of English Education and Literature Badan Penerbit UNM; Bahasa Inggris FBS, UNM
3. 2009 Bahasa Indonesia as a Language of Instruction in Primary Schools: A Demand and A Challenge JurnalSawerigading Balai Bahasa Ujung Pandang
4. 2009 EFL Classroom Management ICOLE Journal Pusat Bahasa, UNM
5. 2009 Enam Fase Kesuksesan dalam Pengajaran Kosakata Bahasa Inggris Jurnal Tamaddun Fakultas Sastra, Universitas Muslim Indonesia
6. 2010 Simulation as a Teaching Strategy in English Foreign Language Classroom Jurnal Tamaddun Fakultas Sastra, Universitas Muslim Indonesia
7. 2011 Jenis Pengelompokan dan Pemberian Tugas Berbasis Manajemen Kelas Jurnal Tamaddun Fakultas Sastra, Universitas Muslim Indonesia

Pengalaman Kerja dan Profesional

No Institusi Jabatan Periode
1.  S1 Pend.

Bhs. Inggris FBS UNM

 

 

 

 

 

 

 

 

 

D3 Business English FBS UNM

 

 

Pascasarjana

UNM

Staf pengajar mata kuliah

1.Integrated Language Skills

2.Vocabulary I

3.Applied Linguistics

4.TEFL 1

5.Introduction to Educational Research

6.Sociolinguistics

7.Psycholinguistics

8.Methods of TEFL for Young Learners

9.Pronunciation Practice

10.  Phonology

11.  TEFL II

Staf pengajar mata kuliah

1.Integrated Language Skills II

2.ILS II

3.ILS III

4.Integrated Language Skills I

Staf pengajar mata kuliah

1. Sociolinguistics

 

2005 sampai sekarang

 

 

 

 

 

 

 

 

2008-2011

 

 

 

 

2010-2011

2. FBS UNM Ketua Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris Jurusan Bahasa Inggris 2011-2015
3. FBS UNM Bendahara CLS Jurusan Bahasa Inggris 2007-2011
4. FBS UNM Ketua Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris Jurusan Bahasa Inggris 2015-2019

Seminar, workshop, and Proceeding

No Tahun Penyelenggara/Tempat Pelatihan Nama Pelatihan/Skop Jangka Waktu
1 2007 Lembaga Pengabdian Masyarakat, UNM/Makassar Penyusunan Proposal IPTEKS/Universitas 1 Hari
2 2009 Jurusan Bahasa Inggris/Makassar Penyusunan Perangkat E-Learning/Universitas 1 Hari
3 2009 Jurusan Bahasa Inggris/Makassar Penyusunan Jurnal Terakreditasi/Universitas 1 Hari
4 2010 DIKTI/Jakarta Penyusunan Kurikulum dan Silabus PPG/Nasional 3 Hari

 

5 2011 Program Pengembangan Profesional Guru (P3G)/Makassar Penyusunan Perangkat Pembelajaran PPG/Universitas 1 Hari

 

 

6 2011 Prodi Pendidikan Bahasa Inggris Penyusunan Kurikulum PPG Pendidikan Bahasa Inggris dan Model Silabus yang Standard 2 Hari
7 2012, 17-18 Januari FBS Pelatihan Penginputan Nilai secara Online bagi Tenaga Pengajar FBS UNM 2 Hari

 

No Tahun Jenis Pertemuan Lingkup Judul Kegiatan Penyelenggara Peran
1 2006 Seminar dan Lokakarya Nasional Clinic on English Language Teaching Pemerintah Daerah Tarakan, Kalimantan Timur Pemateri
2 2006 Seminar Nasional Sertifikasi Tenaga Pendidikan dalam Rangka Peningkatan Mutu   Tenaga Pendidik (Dies Natalis ke-45 dan Lustrum IX UNM) Universitas Negeri Makassar Pemateri
3 2007 Konferensi Internasional Bilingual Education Victoria Univesity, Australia dan Universitas Negeri Makassar Pemateri
4 2007 Seminar Nasional TOEFL Internet-Based Test and TOEFL ITP in Indonesia Pusat Bahasa, Universitas Hasanuddin Peserta
5 2008 Simposium  Internasional American Educational Issues: Programs for Indonesian American-Indonesian Exchange Foundation   (AMINEF) dan Fakultas Bahasa dan Sastra, UNM Peserta
6 2008 Seminar Nasional Penulisan Karya Ilmiah Fakultas Bahasa dan Sastra, UNM Pemateri
7 2009 Konferensi Internasional Language Education Pusat Bahasa, Universitas Negeri Makassar Pemateri
8 2009 Konferensi Internasional Language Education Pusat Bahasa, Universitas Negeri Makassar Peserta
9 2011 Lokakarya Nasional Pelatihan Metode Penelitian Kebahasaan dan Kesusastraan Kantor Bahasa Kendari, Sulawesi Tenggara Pemateri
10 2011 Lokakarya Nasional In Service Program MGMP Bahasa Inggris: Penelitian Tindakan Kelas (Perencanaan Tindakan dan Penyusunan Proposal Dinas Pendidikan Olahraga Pemateri
11 2013 18-19 Maret 2013 Lokakarya Nasional Pengelolaan Pendidikan berdasarkan Dat HELM USAID Peserta
12 2012, 20 September Seminar Lokal Pelatihan Strategi Sukses Memenangkan SKIM Penelitian Kompetitif Nasional LEMLIT UNM Peserta
13 2013,

19 Februari

Seminar Internasional Research and Language Teaching UNM & University of Roehampton (UK) Pemateri
14 2013,

13-14 September

Kongres Nasional Forum Intelektual Indonesia (FII) Peserta
15 6-7 Desember 2013 Kongres Internasional Language Education Pusat Bahasa UNM Presenter
16 2013,

9 Desember

Workshop Lokal Peninjauan Kurikulum Jurusan  Bahasa Inggris Peserta
17 2014 Seminar Internasional 14th TEFLIN Conference Univ.Solo Presenter

 Pengalaman Melaksanakan Penelitian

No Judul Penelitian/Sponsor Posisi Tahun
1. Meningkatkan Ketrampilan Pemahaman Membaca Teks Berbahasa Inggris dengan Sistem Survey, Question, Read and Review (SQ3R) bagi Mahasiswa Jurusan Bahasa Inggris STKIP YPUP Makassar. Dibiayai oleh DIKTI (Dosen Muda) Ketua 2007
2. Peningkatan Percakapan Bahasa Inggris Melalui Strategi Pemberian Topik Langsung. Dibiayai oleh PNBP Ketua 2008
3. Implementasi Jenis Pengelompokan dan Pemberian TugasBerbasis Managemen Kelas kepada Mahasiswa Bahasa Inggris Fakultas Bahasa dan Sastra Universitas Negeri Makassar. Dibiayai oleh DIPA UNM Ketua 2009
4. Kajian Pengelolaan Bahasa Kelas Dosen dalam Proses Pembelajaran Bahasa Inggris. Dibiayai oleh IMHERE Ketua 2009
5. Bahasa Dosen dalam Interaksi kelas Bahasa Inggris. Dibiayai oleh HIBAH Doktor Ketua 2010
6. Lecturer Talk in EFL Classroom Interaction: Classroom Management Scheme 2010
7. Implementasi Enam Fase Kesuksesan dalam Penguasaan Kosakata Bahasa Inggris Siswa MTsN Ma’rang Pangkep. Dibiayai olehPNBP Ketua 2011
8. Profil Kompetensi Fonologi Guru Bahasa Inggris MAN Pangkep. Dibiayai olehPNBP Ketua 2013
9. Pengaruh Kontak Mata Dosen terhadap Motivasi Belajar Mahasiswa Pendidikan Bahasa Inggris, Fakultas Bahasa dan Sastra, Universitas Negeri Makassar Anggota 2015
10 Posisi Postur Tubuh Dosen yang Memengaruhi Minat dan Motivasi Belajar Mahasiswa: Perspektif Komunikasi Interpersonal Nonverbal Ketua 2016

Pengalaman Penyajian/Presentasi Makalah

No Judul Posisi Tahun
1 Classroom Management Talk: From Theory To Practice Lead Presenter

(14th TEFLIN Conference)

2014
2 Phonological Competence of Non-Regular Teachers in Indonesian Islamic EFL Classroom Lead Presenter ICALLE, De La Salle University, Manila Philippine 2014
3 Students’ Perception On Social Harmony Based Communication In English As A Foreign Language At The Indonesian University Context Co-Presenter

Site Skill Training Centre, Clark University

2015
4 Students’ Respect to EFL Teachers in Vocational School: Verbal Interpersonal Communication Perspective Co-Presenter 3rd ICOLE, Language Centre UNM Oktober 2015
5 Phonological Modification of Teachers’ Instructional Talk in Teaching English to Secondary School Students In South Sulawesi, Indonesia Presenter, 15th Asia EFL Conference 2016
6 Layered Syllabuses: A Theoretical Perspective on Teaching Integrated Language Skills (ILS) to English Education Freshmen Presenter, Seminar Nasional Dies Natalis 55 UNM 23 Agustus, 2016
7 Persepsi Mahasiswa Terhadap Peran Menejerial Dosen:  Implementasi Komunikasi Intra-dan Interpersonal dalam Interaksi Kelas Bahasa Inggris Co-Presenter, Seminar Nasional Dies Natalis 55 UNM 22 Agustus 2016

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *